Senin, 16 April 2012

Pendidikan Multikultural


Menurut Jose A. Cardinas (1975: 131), pentingnya pendidikan multikultural ini didasarkan pada lima pertimbangan: 
1. Incompatibility (ketidakmampuan hidup secara harmoni)
2. Other Languages Acquisition (tuntutan bahasa lain)
3. Cultural Pluralism (keragaman kebudayaan) 
4. Development Of Positive Self-Image (pengembangan citra diri yang positif), dan 
5. Equility Of Educational Opportunity (kesetaraan memperoleh kesempatan pendidikan). 


Di pihak lain, Donna M. Gollnick menyebutkan bahwa pentingnya pendidikan multikultural dilatarbelakangi oleh beberapa asumsi: 
1. Bahwa setiap budaya dapat berinteraksi dengan budaya lain yang berbeda, dan bahkan dapat saling memberikan kontribusi
2. Keragaman budaya dan interaksinya merupakan inti dari masyarakat Amerika dewasa ini
3. Keadilan sosial dan kesempatan yang setara bagi semua orang merupakan hak bagi semua warga negara
4. Distribusi kekuasaan dapat dibagi secara sama kepada semua kelompok etnik
5. Sistem pendidikan memberikan fungsi kritis terhadap kebutuhan kerangka sikap dan nilai demi kelangsungan masyarakat demokratis
6. Para guru dan para praktisi pendidikan dapat mengasumsikan sebuah peran kepemimpinan dalam mewujudkan lingkungan yang mendukung pendidikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar