Senin, 16 April 2012

DFD

Konsep Dasar

DFD merupakan alat pemodelan yang memungkinkan analis sistem menggambarkan sistem sebagai jaringan dari proses dan fungsi yang dihubungkan satu sama lain dengan menghubungkan aliran data disbut.

DFD fungsi:
1. DFD bantuan analis Sitem meringkas informasi tentang sistem itu, menentukan hubungan antara sub-sub sistem, membantu pengembangan aplikasi efektif.
2. DFD merupakan alat komunikasi yang baik antara pengguna dan sistem analis.
3. DFD dapat menggambarkan sejumlah kendala untuk pengembangan otomatisasi alternatif sistem fisik.

DFD komponen
Ada beberapa simbol yang digunakan dalam DFD yang merupakan karakteristik dari suatu sistem, yaitu:

a. Terminator (Entity Eksternal)
Terminator dilambangkan dalam bentuk segi empat, yang merupakan entitas luar dimana sistem berkomunikasi. Biasanya notasi ini merupakan orang atau sekelompok orang di luar organisasi seperti sistem, grup, departemen, pemerintah perusahaan, dan berada di luar sistem kontrol yang dimodelkan. Dalam beberapa kasus mungkin sistem lain, misalnya: sistem komputer yang berkomunikasi dengan sistem yang dimodelkan.

b. Proses
Proses ini dilambangkan dalam bentuk lingkaran. Melambangkan suatu proses data yang dimasukkan ke dalam sistem yang mengubah input menjadi output. Pemberian nama proses dengan menggunakan transistif kata kerja (membutuhkan objek).

c. Data Toko
Toko data yang disimbolkan dengan garis paralel, yang digunakan untuk memodelkan kumpulan data atau paket data. Penyimpanan kadangkala didefinisikan sebagai mekanisme antara dua proses yang dibatasi oleh jangka waktu dapat fie tertentu.Data toko / database yang tersimpan dalam disket, hard drive, dll.

d. Data aliran (Data Flow)
Data Flow disimbolkan oleh tanda panah, aliran adalah aliran antara proses, penyimpanan data, dan terminator. Aliran data saat ini menunjukkan bahwa data dapat dimasukkan ke sistem atau proses sistem.

Ada beberapa konsep aliran data yang perlu ditangani: (Jogiyanto, 1999)
-Konsep data paket (dikemas data)
Ketika dua atau lebih data mengalir dari sumber yang sama ketujuan yang sama, maka harus digambarkan sebagai jalur data tunggal.
Konsep data-aliran menyebar (divergen aliran data)
Aliran penyebaran data menunjukkan sejumlah salinan dari aliran data yang sama dari sumber yang sama ketujuan yang berbeda.
-Konsep mengumpulkan aliran data (aliran data konvergen)
Aliran data yang dikumpulkan menunjukkan beberapa arus data yang berbeda dari sumber data yang berbeda bergabung bersama-sama menuju tujuan yang sama.
Panah bergerak dari penyimpanan berarti: penggunaan data paket tunggal, paket dan kelompok lain. Sementara panah tersebut akan dipindahkan ke penyimpanan

menggambarkan penulisan, perubahan atau penghapusan satu atau lebih paket yang dimasukkan ke penyimpanan sebagai bagian dari paket lama, atau paket baru, atau satu atau lebih paket dihapus, atau dipindahkan dari penyimpanan, atau merupakan salah satu atau lebih paket dimodifikasi atau berubah.

Tingkat DFD
a. Diagram Konteks
Dimulai dengan diagram konteks, level tertinggi (top level), diagram yang menggambarkan hubungan antara sistem dengan entitas di luar sistem, sistem secara keseluruhan.

b. Diagram Nol (Zero)
Apakah proses yang ada dalam sebagian kecil dari diagram konteks sistem, diagram nol (nol) adalah rincian dari diagram konteks.

c.Detil Diagram / detail / primitif
Jelaskan rincian setiap proses yang terkandung dalam diagram nol, yang merupakan proses rinci dapat dipecah di paling rinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar